Jadi PNS atau Pengusaha?

Update Info Lowongan Kerja Terbaru CPNS Kementerian, Provinsi, Kabupaten dan Kota, Bank, BUMN, Perusahaan Swasta, Industri Otomotif, Proyek Konstruksi, Migas, Pertambangan Terbaru 2016 di Seluruh Indonesia, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Bogor, Tangerang, Bekasi, Semarang, Palembang, Padang, Yogyakarta, Balikpapan, Samarinda, Karawang, Bontang, Kaltim, Jatim, Jawa Barat, Kalimantan dan Luar Negeri

Jadi PNS atau Pengusaha?

Advertisement

Jadi PNS atau Pengusaha? - Pertanyaan ini sering dipikirkan oleh banyak pemuda dan pemudi di negeri ini, dan mungkin saja anda adalah salah satunya. Menjadi Pegawai Negeri Sipil saat ini sudah menjadi tren di kalangan usia produktif, sedangkan menjadi pengusaha bisa dikatakan adalah pilihan nomor dua.

Banyak lulusan perguruan tinggi yang berupaya untuk meraih cita-cita menjadi PNS, namun sangat sedikit yang ingin jadi seorang pengusaha. Jika gagal jadi PNS, mereka kemudian mencoba ke perusahaan swasta dan bisniman atau bisniswoman sepertinya adalah pilihan terakhir. Padahal sebenarnya kalau mau dipikir, jika ingin kaya maka cobalah jadi pengusaha saja.

Pilih Jadi PNS atau Pengusaha?

Tapi hal ini tidak disadari oleh banyak pemuda dan pemudi di negeri ini, mereka hanya ingin yang enak-enak saja. Mungkin jadi pegawai negeri sipil itu kerjanya bagus, bisa santai, ada banyak libur dan gajinya lumayan bagus. Tahukah anda kalau saat ini pemerinta juga sedang menggalakkan reformasi birokrasi, jadi anda tak akan bisa lagi santai saat jadi pegawai negeri sipil. Sistem gajinya pun akan berdasarkan kinerja, jadi kalau anda tidak produktif maka siaplah miskin walau jadi PNS.

Setiap tahun ada puluhan sampai ratusan ribu lowongan kerja CPNS yang dibuka oleh pemerintah. Sedangkan insentif untuk menjadi pengusaha rasanya masih kurang begitu getol digalakkan pemerintah. Memang ada bank yang bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kredit usaha tapi persyaratannya sangat berat bagi yang masih pemula dan tidak punya modal.

Diharapkan kepada pemerintah untuk terus memberi kesempatan seluas-luasnya kepada anak bangsa berpartisipasi menjadi seorang pengusaha. Ini semua sebagai salah satu jalan untuk mengurangi membludaknya partisipan para pemuda dalam mengikuti seleksi CPNS. Sangat miris melihat kalau hanya untuk ikut simulasi tes saja, ada ribuan yang harus antri berjam-jam. Padahal hal demikian merupakan sesuatu yang dasar dan mudah dikerjakan kalau memang generasi muda kita dibekali dengan ilmu yang cukup.

Semoga saja kedepannya ada banyak pemuda yang sukses jadi pengusaha, walaupun jadi PNS juga tidak mungkin ditinggalkan karena sudah jadi budaya di kalangan orang tua ingin melihat anakanya menggunakan pakaian dinas kepegawaian.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags : -- Dapatkan informasi lowongan terbaru dengan cara follow kami di facebook:

Related : Jadi PNS atau Pengusaha?

0 komentar:

Posting Komentar